"Silahkan mengutip sebagian atau seluruh tulisan di blog ini dengan SYARAT mencantumkan penaripena.blogspot.com"

Pertemuan

"apakah itu pertemuan?" seorang pemuda bertanya kpd sufi-- tp sang sufi hanya menatap datar pemuda di depannya. diam.

"apakah itu pertemuan?" itu pemuda bertanya lg; mencoba tersenyum; membujuk. sang sufi tetap diam. lg2 hanya menatap datar.

"apakah itu pertemuan?" pemuda bertanya ke-3 kalinya. ke-4, ke-5, ke-6, ke-7, lantas menangis membujuk demi melihat sang sufi tetap diam: "tuan, aku berjalan ribuan kilo hanya untuk bertemu dgnmu. menghabiskan bulan-bulan sepanjang tahun ini hanya untuk mengerti makna satu kalimat itu? apakah pertemuan? mengapa Tuhan kadang seolah sengaja benar membuat kita bertemu dgn orang2 yg tidak ingin kita temui, tp sebaliknya malah tdk pernah bertemu dgn orang2 yg ingin kita temu...

"apakah itu pertemuan? mengapa sebuah pertemuan terkadang bisa memicu kembali seluruh kesedihan, kebencian, atau kegembiraan, rasa rindu, kenangan masa lalu. mengapa sebuah pertemuan bisa terjadi di situasi yang benar2 tdk terduga, tdk mungkin, dan tidak-tidak lainnya, tp ia tetap saja tega terjadi..."

"aku mohon, jawablah..."

sepeminuman teh hanya diam. sang sufi menunduk... si pemuda ikut menunduk. sudahlah, dia tak akan mendapat jawab, lbh baik dia pulang... tp persis saat si pemuda hendak bangkit, hendak pamit pulang, sang sufi entah kenapa membuka mulutnya...

"apakah itu pertemuan? apakah itu makna sebuah pertemuan?" suara sang sufi terdengar amat bijak, meski menghela nafas berat... "kau datanglah ke centro, margo city, tepat pukul 8.05 malam, jum'at, 18 Januari 2008, seratus tahun dr sekarang, di lorong2 rak kosmetik, di dekat counter perhiasan wanita... maka kau akan berkesempatan mengerti dgn memperhatikan hati-hati dua wajah yang salah-tingkah entah mau berkata apa ketika pertemuan yg mereka 'tidak inginkan' itu terjadi... simak perbincangan mereka, gesture tubuh mereka, wajah merah mereka, maka kau akan mengerti, ...itulah makna sebuah pertemuan..."

By: Tere-Liye
(bandung, Jan 20, '08 8:10 PM . lt3 sbh gedung-- hahaha, gw lg "terlalu" kreatif nih bikin puisinya, jd rada2 aneh...)


0 comments:

Posting Komentar